Selasa, 30 September 2014

Cara Mudah Kenali Karakter Anak



Pada usia 4-5 bulan, anak sudah memperlihatkan karakter dasar dirinya. Namun saat usianya semakin besar, ia mengembangkan karakter dasar tersebut menjadi lebih kuat.

Kenali karakter anak agar Anda tahu cara mengatasi sikapnya.

Pemalu/penakut
Menempel pada orangtua dan sering gelisah. Tidak usah memaksakan ia untuk berhubungan dengan orang lain (namun juga jangan terlalu dilindungi). Tetaplah mengantar jemputnya dan tidak ditunggui di sekolah, dan batasi tamu yang datang saat Anda mengadakan acara ulang tahun untuknya.

Pemarah
Keras kepala, sering menangis saat gagal melakukan sesuatu. Biarkan ia bergaul dengan teman-temannya dan belajar mengatur emosinya. Lama kelamaan ia juga akan terbiasa. Lakukan aktivitas rutin bersamanya, misalnya gosok gigi bersama mama sebelum tidur.

Sensitif

Rewel dan mudah tersinggung. Hindari baju berbahan gatal seperti wol, potong label pakaiannya, jangan terlalu lama dalam perjalanan atau berbelanja, ia akan mudah sekali rewel.

Happy-go-lucky
Pembawaan yang menyenangkan, mudah tersenyum. Anggaplah diri Anda beruntung jika memiliki anak berkarakter ini. Ia laksana malaikat dan tidak membutuhkan cara khusus untuk mengasuhnya.

Aktif
Tidak bisa diam dan selalu siap untuk berlari. Dalam perjalanan panjang, berhentilah beberapa kali agar ia bisa berlarian untuk sementara waktu. Berikan permainan yang dapat menyerap energinya seperti bola atau sepeda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar